Selasa, 05 Juni 2012

Perpustakaan Dalam Pengembangan dunia Pendidikan


Istilah perpustakaan sering kita dengan dengan sebutan gedung yang berisi buku buku, akan tetapi dengan perkembangan zaman dan teknologi, istilah perpustakaan sering dikaitkan dengan sumber informasi atau tempat dimana pengguna mencari informasi dalam segala hal. Seperti yang sudah diterangkan oleh sulistyo-basuki dalam bukunya yang berjudul pengantar ilmu perpustakaan, dijelaskan bahwa fungsi perpustakaan adalah mengelola informasi dan menyajikan informasi ke pengguna.

secara umum, peran perpustakaan hanya sebagai pengelola informasi, akan tetapi kalau dikaji dari segi pendidikan, seberapa penting peran perpustakaan dalam pengembangan pendidikan? Ini merupakan pertanyaan yang tidak akan ada hentinya. Karena pada dasarnya perpustakaan yang dikenal sebagai gudangnya ilmu pengetahuan dan peran pendidikan yang secar general termasuk kegiatan mengkaji ilmu pengetahuan, oleh karena itu keberadaan dan peran perpustakaan dalam dunia pendidikan tidak dapat disepelekan. Pentingnya peran perpustakaan dalam pendidikan juga didukung oleh beberapa Undang-Undang dan kebijakan pemerintah, antara lain Undang-undang Nomer 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, Undang-Undang Nomer 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan, Keputusan Mentri Dalam Negeri dan Otonomi Daerah No 3 Tahun 2001 tentang perpustakaan daerah/kecamatan, Peraturan Menteri Dalam Negeri No 13 Tahun 2006 Tentang pengelolaan Keuangan Daerah, Peraturan Menteri Dalam Negeri No 59 Tahun 2007 Tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Dalam Negeri no 13.

Pentingnya Peran perpustakaan dalam pengembangan pendidikan dapat dilihat dari fenomena yang terjadi di kota surabaya, dari 100% alokasi dana yang digunakan dalam mendukung program penyelenggaraan pendidikan, 24% dana dialokasikan untuk pengembangan perpustakaan dengan kegiatan penyediaan bahan pustaka, pembinaan perpustakaan, publikasi perpustakaan dan pengelolaan perpustakaan. Hal ini dapat membuktikan bahwa peran perpustakaan dalam pendidikan sangat penting. Terlebih lagi dengan perkembangan teknologi seperti sekarang, dengan mudahnya mencari informasi dengan bantuan teknologi, maka peran perpustakaan dalam pengembangan pendidikan harus lebih komplek dan bisa mencakup semua kebutuhan yang dibutuhkan oleh dunia pendidikan.

Semua itu tidak lepas dari harapan yang sudah ditetapkan, Perpustakaan menjadi pusat informasi pengetahuan/pembelajaran selain secara manual juga diberikan dalam bentuk digital (IT dan Audio Visual), Persebaran Taman Bacaan yang merata pada seluruh lapisan masyarakat Kota Surabaya, Keberadaan Perpustakaan Umum Di Pusat Kota dengan desain fisik semenarik mungkin yang ditunjang dengan fasilitas-fasilitas penunjang untuk menarik minat baca masyarakat, Petugas Pengelola Perpustakaan Aktif melakukan pendekatan kepada masyarakat untuk meningkatkan minat baca dan bekerjasama dengan lembaga swasta untuk mengetahui tingkat minat baca dan peran serta masyarakat.

Dengan integrasi antara pemerintah, perpustakaan, dan dunia pendidikan, diharapkan perpustakaan dapat difungsikan seperti halnya fungsinya sebenarnya, yaitu menciptakan manusia manusia cerdas yang berasal dari perpustakaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar